Profil OTK.Perkantoran
SEJARAH OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN (OTKP)
SMKN 1 JATISARI
Awalnya Program Keahlian Perkantoran
yang dulu bernama Jurusan Administrasi Perkantoran (AP) didirikan di SMKN 1
Jatisari tahun 2005 untuk menarik minat calon peserta didik dan melengkapi
jurusan yang ada pada saat itu yakni Tata Boga dan Tata Busana. Jurusan AP
didirikan bersamaan dengan didirikannya Jurusan Akuntansi.
Seiring perkembangan kurikulum,
Kompetensi Keahlian OTKP mengalami beberapa pergantian istilah. 2005-2009 bernama
Jurusan Administrasi Perkantoran, 2010-2013 bernama Program Keahlian
Administrasi Perkantoran, 2013-2017 Paket Keahlian Administrasi Perkantoran dan sekarang menjadi
Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Kita tuggu apakah
ke depan istilah ini akan berubah lagi atau tidak. Apapun namanya semoga
kompetensi keahlian ini tetap ada dan semakin maju di SMKN 1 Jatisari baik
dalam kualitas maupun kuantitasnya.
Guru yang menjabat sebagai Ketua Program Jurusan AP untuk pertama kalinya adalah Ibu Dhesi bayuningsih, S. Pd yang memulai karirnya sebagai Kaprog sejak tahun 2006-2014, 2015 Ketua Program Keahlian AP berpindah kepada Ibu Lina Maolina, S. Pd yang menjabat selama 2 tahun pelajaran yakni 2014 -2016, 2017 hingga saat ini Ketua Program dijabat oleh Ibu Nia Kurniati, S. Pd., M. Pd.
VISI DAN MISI KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATOSASI DAN TATA
KELOLA PERKANTORAN
Sejalan dengan visi dan misi serta tujuan sekolah, Kompetensi Keahlian OTKP SMKN 1 Jatisari pun memiliki visi, misi, strategi dan tujuan, yakni sebagai berikut:
1.
Visi
Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi handal,
profesional, berkarakter dan berjiwa wirausaha.
2.
Misi
2.1 Meningkatkan kompetensi
peserta didik untuk mencapai manusia yang handal dan profesional
2.2 Mengembangkan kurikulum berbasis
kompetensi
2.3 Meningkatkan mutu lulusan
yang berkarakter berlandaskan iman dan taqwa
2.4 Mengembangkan pendidikan
dan keterampilan berwirausaha
3.
Strategi
3.1 Meningkatkan kegiatan
pembelajaran yang mendorong kemandirian peserta didik.
3.2 Meningkatkan program yang
berwawasan mutu, keunggulan, profesionalisme, dan berwawasan karakter.
3.3 Membangun jaringan dan
komunikasi intensif dengan lingkungan dunia usaha dan industri.
3.4 Meningkatkan kompetensi
sumberdaya pendidik dan tenaga kependidikan.
3.5 Meningkatkan kuantitas dan
kualitas sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran yang berbasis
keterampilan.
3.6 Meningkatkan kualitas administrasi akademik
3.7 Mengembangkan program
pembelajaran berbasis kewirausahaan dengan disertai nilai–nilai keimanan
terhadap Allah SWT.
4.
Tujuan Keahlian
4.1 Memiliki tamatan yang
berkualitas, baik pengetahuan, dan keterampilannya yang berkarakter dan berjiwa
wirausaha.
4.2 Meningkatkan kualitas
sumberdaya manusia dan lingkungan pendidikan yang handal, profesional dan
kompetitif.
4.3 Sebagai lembaga pendidikan formal yang menjadi trendsetter, inspirator, dan unggul